KARAJAAN SALAKANEGARA DAN TARUMANEGARA

Kerajaan Salakanegara  atau Rajatapura ialah Kerajaan Hindu paling tua di Indonesia, dibangun tahun 130 Masehi  di wilayah pantai Teluk...


Kerajaan Salakanegara atau Rajatapura ialah Kerajaan Hindu paling tua di Indonesia, dibangun tahun 130 Masehi  di wilayah pantai Teluk Lada, Pandeglang, Banten. Raja pertamanya  ialah Dewawarman. Raja terakhir ialah Dewawarman VIII terus tahta Kerajaan diwariskan ke menantunya,  Jaya Singawarman (358 M).  Jaya Singawarman lantas merubah nama Kerajaan menjadi  Tarumanegara lalu memindahkan ibukotanya kea rah timur, sekarang wilayah Bekasi .

Pendiri Salakanagara, Dewawarman adalah duta keliling, pedagang sekaligus perantau dari Pallawa, Bharata (India) yang akhirnya menetap karena menikah dengan puteri penghulu setempat, sedangkan pendiri Tarumanagara adalah Maharesi Jayasingawarman, pengungsi dari wilayah Calankayana, Bharata karena daerahnya dikuasai oleh kerajaan lain. Sementara Kutai didirikan oleh pengungsi dari Magada, Bharata setelah daerahnya juga dikuasai oleh kerajaan lain.

Tokoh awal yang berkuasa di sini adalah Aki Tirem. Konon, kota inilah yang disebut Argyreoleh Ptolemeus dalam tahun 150, terletak di daerah Teluk Lada Padeglang. Adalah Aki Tirem, penghulu atau penguasa kampung setempat yang akhirnya menjadi mertua Dewawarman ketika puteri Sang Aki Luhur Mulya bernama Dewi Pwahaci Larasatidiperisteri oleh Dewawarman. Hal ini membuat semua pengikut dan pasukan Dewawarman menikah dengan wanita setempat dan tak ingin kembali ke kampung halamannya.

Ketika Aki Tirem meninggal, Dewawarman menerima tongkat kekuasaan. Tahun 130 Masehi ia kemudian mendirikan sebuah kerajaan dengan nama Salakanagara (Negeri Perak)beribukota di Rajatapura. Ia menjadi raja pertama dengan gelar Prabu Darmalokapala Dewawarman Aji Raksa Gapura Sagara. Beberapa kerajaan kecil di sekitarnya menjadi daerah kekuasaannya, antara lain Kerajaan Agnynusa (Negeri Api)yang berada di Pulau Krakatau.

Rajatapura adalah ibukota Salakanagara yang hingga tahun 362 menjadi pusat pemerintahan Raja-Raja Dewawarman (dari Dewawarman I - VIII). Salakanagara berdiri hanya selama 232 tahun, tepatnya dari tahun 130 Masehi hingga tahun 362 Masehi. Raja Dewawarman I sendiri hanya berkuasa selama 38 tahun dan digantikan anaknya yang menjadi Raja Dewawarman II dengan gelar Prabu Digwijayakasa Dewawarmanputra. Prabu Dharmawirya tercatat sebagai Raja Dewawarman VIII atau raja Salakanagara terakhir hingga tahun 363 karena sejak itu Salakanagara telah menjadi kerajaan yang berada di bawah kekuasaan Tarumanagara yang didirikan tahun 358 Masehi oleh Maharesi yang berasal dari Calankayana, India bernama Jayasinghawarman. Pada masa kekuasaan Dewawarman VIII, keadaan ekonomi penduduknya sangat baik, makmur dan sentosa, sedangkan kehidupan beragama sangat harmonis.

Sementara Jayasinghawarman pendiri Tarumanagara adalah menantu Raja Dewawarman VIII. Ia sendiri seorang Maharesi dari Calankayana di India yang mengungsi ke Nusantara karena daerahnya diserang dan ditaklukkan Maharaja Samudragupta dari Kerajaan Maurya.

Di kemudian hari setelah Jayasinghawarman mendirikan Tarumanagara, pusat pemerintahan beralih dari Rajatapura ke Tarumanagara. Salakanagara kemudian berubah menjadi Kerajaan Daerah. Kerajaan Tarumanegara sendiri diperkirakan di daerah Jasinga (bogor)
Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358, yang kemudian digantikan oleh putranya, Dharmayawarman (382-395). Jayasingawarman dipusarakan di tepi kali Gomati, sedangkan putranya di tepi kali Candrabaga (kali Bekasi).
Maharaja Purnawarman adalah raja Tarumanagara yang ketiga (395-434 M). Ia membangun ibukota kerajaan baru pada tahun 397 yang terletak lebih dekat ke pantai. Dinamainya kota itu Sundapura--pertama kalinya nama "Sunda" digunakan. Diperkirakan daerah itu sekarang antara Jakarta – bekasi (sunda kelapa) daerah kekuasaan sunda yang banyak ditumbuhi pohon kelapa.

Purnawarman berhasil menundukkan musuh-musuhnya. wilayah kekuasaannya mencakup pula pantai Selat Sunda. menyebutkan bahwa di bawah kekuasaan Purnawarman terdapat 48 raja daerah yang membentang dari Salakanagara atau Rajatapura (di daerah Teluk Lada Pandeglang) sampai ke Purwalingga (sekarang Purbolinggo) di Jawa Tengah. Secara tradisional Cipamali (Kali Brebes) memang dianggap batas kekuasaan raja-raja penguasa Jawa Barat pada masa silam.

Urutan Raja2 Tarumanegara adalah:
1.      Jayasingawarman
2.      Dharmayawarman
3.      Purnawarman
4.      Wisnuwarman
5.      Indrawarman
6.      Candrawarman
7.      Suryawarman
8.      Kertawarman
9.      Sudhawarman
10.  Hariwangsawarman
11.  Nagajayawarman
12.  Linggawarman

Pada masa Suryawarman tidak hanya melanjutkan kebijakan politik ayahnya yang memberikan kepercayaan lebih banyak kepada raja daerah untuk mengurus pemerintahan sendiri, melainkan juga mengalihkan perhatiannya ke daerah bagian timur. Dalam tahun 526 M, misalnya, Manikmaya, menantu Suryawarman, mendirikan kerajaan baru di Kendan, daerah Nagreg antara Bandung dan Limbangan, Garut. Putera tokoh Manikmaya ini tinggal bersama kakeknya di ibukota Tarumangara dan kemudian menjadi Panglima Angkatan Perang Tarumanagara. Perkembangan daerah timur menjadi lebih berkembang ketika cicit Manikmaya mendirikan Kerajaan Galuh dalam tahun 612 M.

Tarumanagara sendiri hanya mengalami masa pemerintahan 12 orang raja. Pada tahun 669, Linggawarman, raja Tarumanagara terakhir, digantikan menantunya, Tarusbawa. Linggawarman sendiri mempunyai dua orang puteri, yang sulung bernama Manasihmenjadi istri Tarusbawa dari Sunda dan yang kedua bernama Sobakancana menjadi isteri Dapuntahyang Sri Jayanasa pendiri Kerajaan Sriwijaya. Secara otomatis, tahta kekuasaan Tarumanagara jatuh kepada menantunya dari putri sulungnya, yaitu Tarusbawa.
Kekuasaan Tarumanagara berakhir dengan beralihnya tahta kepada Tarusbawa, karena Tarusbawa pribadi lebih menginginkan untuk kembali ke daerahnya sendiri, yaitu Sunda yang sebelumnya berada dalam kekuasaan Tarumanagara. Atas pengalihan kekuasaan ke Sunda ini, hanya Galuh yang tidak sepakat dan memutuskan untuk berpisah dari Sunda yang mewarisi wilayah Tarumanagara.

COMMENTS

Name

Ajian,2,Kerajaan,5,koedjang,2,Sahadat,4,Sejarah,3,Situs,2,
ltr
item
TERATAI_KENCANA: KARAJAAN SALAKANEGARA DAN TARUMANEGARA
KARAJAAN SALAKANEGARA DAN TARUMANEGARA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlRNRTR_bxgfdxXd6dO_p97aFpsC8cLvyKtUyZzEFbjeGMSduFYQONgr64jnLPbCwxlbvvJJXjWePoDq3u9QhugV_KNzMpQPWo1ILlS4uzs-yMVk3IQm5D-Lok4hd6Pm-h_Cq1fSfDM-Pn/s640/sej106_14.gif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlRNRTR_bxgfdxXd6dO_p97aFpsC8cLvyKtUyZzEFbjeGMSduFYQONgr64jnLPbCwxlbvvJJXjWePoDq3u9QhugV_KNzMpQPWo1ILlS4uzs-yMVk3IQm5D-Lok4hd6Pm-h_Cq1fSfDM-Pn/s72-c/sej106_14.gif
TERATAI_KENCANA
http://jakapitana.blogspot.com/2011/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_29.html
http://jakapitana.blogspot.com/
http://jakapitana.blogspot.com/
http://jakapitana.blogspot.com/2011/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_29.html
true
2481898448209898133
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy